Sebuah Jawaban untuk Pertanyaan tentang Masa Depan

Halo, guys...
I want to share something with you
Apaan ya ??? 
Hayoo apa hayooo...
Aku bakal nyeritain pengalamanku semasa aku SMA
Ini adalah pengalaman buat mencari sebuah "cinta"
Yap, cinta... bukan cinta biasa
Tapi cinta pada passion, cinta pada karakter, cinta pada bidang keilmuan 
Semoga kamu terinspirasi ya... 

         Tahun 2014, tahun pertamaku di sekolah menengah atas, aku masih tidak bisa sebuah pertanyaan yang mungkin sebagian besar orang telah berhasil menjawab pertanyaan itu. "Kalo kamu besar nanti, kamu mau jadi apa?". Ketika banyak orang yang menjawab dokter, tentara, polisi, arsitek, dan lain-lain. Aku hanya bisa terdiam dan cengar-cengir sendiri. Aku belum tahu akan jadi nanti ketika ada dewasa. Aku rasa aku hanya belum menemukan "passion"-ku. Akhirnya, aku hanya bisa membiarkan pertanyaan itu tergeletak dalam pojok pikiranku, ku lupakan sejenak 'kesulitan'ku untuk menjawab pertanyaan itu, karena aku mungkin menemukan jawabannya satu atau dua tahun lagi.

Setahun berlalu, aku kini duduk di kelas 11. Aku mulai menemukan sinyal-sinyal jawaban dari pertanyaanku yang telah lama ku pendam. Layaknya HP yang butuh sinyal untuk bisa "surfing" di dunia maya, aku mulai menemukan sinyal itu walau masih "edge". Aku mulai menemukan rasa cinta di kelas 11 ini. Bukan cinta pada lawan jenis tapi cinta pada mapel yang bisa membuatku merasa nyaman. Aku mulai mencintai mapel kimia, aku bisa mengerjakan soal-soal hingga berjam-jam. Aku bisa bertahan dari yang namanya "kebosanan". Aku tetap menyukai pelajaran-pelajaran itu walaupun sering mendapat nilai yang tidak memuaskan. Hahahaha, jadi curhat kalo sering dapat nilai jelek. Ibuku pun ngomong tentang anak tetangga kami yang sudah jadi "orang" setelah menempuh pendidikan di teknik kimia.

Kelas 11 telah berjalan satu semester, aku pun mengikuti OSN bidang kebumian, layaknya kimia, kebumian juga pelajaran yang aku cintai. Namun di kebumian ini, ada sesuatu yang lain, prestis yang lebih besar, yang disebut dengan OSN. Aku pun menggeluti hal ini dengan baik, berharap bisa merengkuh medali OSN dan dapat untuk masuk PTN melalui jalur prestasi akademik, tapi aku terjatuh di tengah perjalanan untuk meraih semua itu, aku belum berhasil mencapai tingkat nasional. Tak apa, semua pengalaman tadi adalah pelajaran berharga bagiku. Seperti kata orang, kegagalan adalah sukses yang tertunda.

Selain itu, aku juga mulai tertarik dengan hal-hal yang berbau kondisi psikologi manusia. Aku mulai mendownload banyak pdf tentang dasar-dasar psikologi dan penerapannya. Ketertarikan dengan psikologi ini yang membuat aku mempunyai keinginan untuk masuk fakultas psikologi, tapi beberapa hal membuatku enggan untuk meneruskan niatku. Namun aku masih suka mempelajari hal-hal yang berbau psikologi meski hanya sedikit-sedikit. Walau semua perjalanan di kelas 11 sangatlah panjang, tapi semua iti masih belum mampu menjawab mau jadi apa aku kelak. Yaaa, setidaknya aku sudah bisa menemukan hal yang bisa membuatku nyaman.

Waktu berlalu begitu cepat, kini aku duduk di bangku kelas 12. Perubahan terjadi pada teman-temanku, tapi aku masih saja belum berubah. Bukan berubah menjadi pahlawan super atau apa, tapi berubah menjadi "siswa pelahap soal". Ngeri ya?? Bayangkan saja, waktu ngumpul bareng yang dibahas adalah soal UN, soal SBM, universitas favorit, fakultas yang banyak diincar, passing grade, dan lain-lain padahal dulu yang dibahas cuma artis YouTube, selebgram, dan musik hitz. Hahahaha haha, semuanya berubah begitu cepat ataukah aku yang lambat dalam berubah. "Kalo kamu besar nanti, kamu mau jadi apa?" muncul lagi dalam kepala ini, ditambah lagi "Kamu mau masuk PTN mana?", "Kamu milih fakultas apa?", " Sudah siap UN sama SBM belum?". Semua pertanyaan itu datang seperti hujan deras, sayangnya aku tidak pakai payung atau jas hujan.

Hahahahahahaha.  Sekolahku ngadain psikotes gitu deh buat ngasih saran jurusan. Aku pun ngerjain tes itu sebaik mungkin, tapi gak bisa dipungkiri, tes itu membuat kayaknya membuat otakku overheat. Dan hasilnya pun keluar, ada empat fakultas yang direkomendasikan buat aku, yakni teknik geologi, teknik lingkungan, MIPA kimia, dan psikologi. Wadaw, aku kayaknya makin bingung walau pilihan yang direkomendasikan cuma empat, tetep aja bingung. Hahahahahahahaha.

Satu semester hampir berlalu, aku masih belum menjawab semua pertanyaan itu. Waktu semakin mendekati UN dan SNMPTN. Aku bingung tak menentu di saat banyak temanku sudah menemukan "tujuan" mereka masing-masing. Ketika yang lain menemukan jawaban mereka dari seringnya melakukan shalat istikharah, aku malah tidak istiqamah. Ketika yang lain sibuk menjalani program intensif SBM, aku malah sibuk main HP. Hahahahahahaha. Aku banyak membuang waktu dengan hal-hal yang tidak berguna. Liburan semester satuku digunakan semaksimal mungkin untuk belajar walaupun masih dihiasi dengan notif dari Line, WA, CoC, Clash Royale, dan YouTube. Mungkin dari sini, aku belajar me-manage waktu dengan baik.

Januari datang ke depan rumahku, bertanya kesiapanku menghadapi UN, SNM, dan SBM. Lagi-lagi, aku cuma bisa tertawa sambil mbatin "Mau masuk mana aja belum tahu". Aku pun ikut tes bakat-minat yang dilaksanakan oleh beberapa LBB, aku lupa fakultas apa aja yang direkomendasiin ke aku, tapi aku merasa bahwa itu bukan bidangku. Akhirnya, aku ikutin aja link yang di-share temenku, yap, temenku nge-share post YOUTHMANUAL. Aku langsung aja ngeklik link yang ada di post itu, regis, lalu ngerjain semua "mini game" untuk mengetahui "orang kayak apa sih yang aku ini sebenarnya". Habis ngerjian semua itu, Aku pun mulai tahu kalo aku itu sebenarnya introvert padahal aku anaknya paling rame di kelas. Dan ternyata, aku ini mengandalkan perasaan dalam menentukan keputusan, hehehe, pantes aku baperan, eeeaaaa. Lalu, aku mulai eksplorasi jurusan. Teknik kimia walaupun ada kata "kimia" ternyata kebanyakan belajar fisika, jauh dari bayanganku. Lalu teknik geologi, aku mulai cocok dengan yang satu ini, selain informasi dari web, juga ada rekomendasi dari temenku. Aku juga melirik MIPA kimia, kayaknya sih menyenangkan juga dan yang terpenting, isinya itu sangat banyak kimianya. Hahahahahahahaha.

Alhamdulillah, aku bisa mengikuti tes SNMPTN tahun ini. Pilihanku pun jatuh kepada teknik geologi, UGM lalu teknik lingkungan, ITS. Kenapa aku pilih teknik geologi di pilihan pertama? Karena aku punya "rasa cinta" pada kebumian setelah proses olimpiade yang telah aku lalui dan juga mempertimbangkan berbagai hal juga. Setelah itu, hari-hariku dihiasi dengan persiapan ujian. Semua ujian datang silih berganti, ibarat kata, hujan air reda, hujan es pun melanda, setelah hujan es reda, hujan badai menerpa. Ujian sekolah, ujian sekolah berstandar nasional, ujian nasional berbasis komputer. Alhamdulillah, semuanya telah berakhir dengan indah. Pengumuman tes SNMPTN pun keluar, aku berdebar-debar ketika mau ngeklik websitenya. Masyaallah, Aku masuk pada pilihan pertama di teknik geologi, UGM. Alhamdullilah.

Aku juga lagi suka nih sama laptop Asus Swift 3. Kenapa ??? laptop ini kece badai dan super stylish deh pokoknya. Cocok banget buat aku dan kalian yang suka hangout ke  alam bebas. Laptop ini didukung dengan baterai yang mampu bertahan hingga 12 jam loh, super durable banget kan ya.  Dengan prosesor Intel Core TMi5-6200U dan RAM 4GB DDR4 membuat pengerjaan tugas jadi lancar jaya, apalagi aku perlu ngalisis data dan mungkin edit foto via photoshop atau ngedit video, jadi, bener-bener dibutuhkan laptop yang "tahan tekanan". Dengan layar 14 inch, pasti membuat nyaman semua mata yang melihatnya dan tidak membuat mata cepet lelah. Fitur lain yang gak kalah menarik adalah bluetooth 4.0 dan fingerprint scanner. Wow... keren gak sih, dengan fitur fingerprint ini, gaada temenku yang bisa bajak laptopku dan mbuka hal yang aneh-aneh. Hahahahahahahahaha. Cek nih ulasan lengkap dan kecantikan desainnya di http://www.acerid.com/2016/11/acer-swift-3-laptop-super-stylish-dengan-spesifikasi-optimal/

Kini giliran kalian buat nentuin pilihan PTN masa depan kalian. Gimana caranya? Cari dulu sesuatu yang kalian "cintai" sepenuh hati kalian, sesuatu yang bisa membuat kalian rela berkorban, sesuatu yang bisa membuat kalian nyaman. Yaelah, bukan lawan jenis ya yang aku maksud, tapi passion kalian. Kalian bisa mencoba mengenali diri kalian lewat www.youthmanual.com, coba deh beli akun premiumnya, gak bakal nyesel deh, cuma dengan IDR 79.000 bisa menikmati berbagai fitur keren.

Sekarang, Web YOUTHMANUAL udah menjadi kece badai dan makin keren loh guys, fitur-fiturnya pun makin banyak dan semakin nunjukkin "siapa kamu yang sebenarnya". Oh, iya... Jangan lupa masukkan kode "KEJARMIMPI10" buat dapetin diskon 10%. Setelah kalian registrasi dengan email kalian, kalian bisa mengerjakan semua mini games yang disediakan. Hahahahahahahaha. Mini games itu dibuat seperti peta perjalanan, yang berisi tugas-tugas yang nanti hasilnya bisa me-reveal diri kalian dan ngasih rekomendasi buat masa depan kalian. Tugas yang harus jalani satu per satu sampai ke ujungnya. Luangkan sejenak waktu kalian buat ngerjain ya. Kuceritain pengalamanku ngerjain mini games ini deh. Singkat saja, tugas pertama, kamu akan diminta menjawab pertanyaan yang berkenaan dengan kepribadian. Jawab yang jujur ya. Kamu bakal tahu kepribadianmu itu kayak gimana sih, introvert kah extrovert kah, berdasarkan logika atau intuisi, lebih sering pake otak atau hati, kalo aku sih hasilnya INFP, Introvert, Intuition, Feeling, and Perceiving. Tenang aja, nanti bakal dipaparkan secara gamblang maksud dari semua itu, biar kamu gak galau mikirannya. Lalu di perjalanan selanjutnya, kamu juga bakal mengetahui minat kamu itu apa, di bidang apa, kerja apa yang cocok buat kamu setelah ngisi "survei" yang mungkin butuh waktu 15 menitan. Terus... Ada yang lebih seru lagi nih ??? Apa hayo ??? Penasaran kan !!? Jawab penasaran kalian dengan registrasi sekarang di www.youthmanual.com dan beli akun premiumnya!!!

Ayo, join YOUTHMANUAL !!! kenali dirimu, kejar PTN impianmu, raih masa depanmu !!!




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Mineragrafi (Mikroskopi Bijih)

Eklogit: Mineral High-P pada Batuan Metamorf

Struktur Sedimen : Channel & Scour