Bentang Alam Karst

Hai.... Guys, welcome back...
Kali ini aku bakal bahas tentang geomorfologi
Apasih geomorfologi itu ?
Simply, geo = bumi, morfo = bentuk, logi = ilmu
Ilmu yang mempelajari tentang bentuk bumi *hahah
 Mempelajari tentang bentang-bentang alam yang ada di permukaan bumi
Kuy simak penjelasan tentang bentang alam karst
Apa sih bentang alam karst itu???

Daerah dengan litologi yang berupa batuan yang mudah larut, memiliki relief yang khas, dan aliran sungai yang tiba-tiba masuk ke dalam tanah  dan meninggalkan lembah kering yang kemudian muncul di tempat lain sebagi mata air yang besar (Bloom, 1979) adalah daerah karst. Bentang alam satu ini dicirikan oleh litologi yang khas, yakni batu gamping, batu yang terbentuk dari 90% material karbonatan, dengan pola aliran sungai multibasinal, sungai mengalir tiba-tiba masuk ke dalam tanah lalu keluar lagi di tempat lain. 

Tiga unsur penting yang berperan dalam terbentuk bentang alam karst, yakni litologi, air tanah, dan struktur kekar/retakan. Litologi berupa batu gamping yang mudah larut, air meteorit yang menjadi agen pelarut lalu berinfiltrasi menjadi air tanah dan membentuk sungai bawah tanah, dan rekahan yang semakin memudahkan air masuk + mempercepat karstifikasi, proses pelarutan secara kimia maupun mekanik yang menghasilkan kenampakan-kenampakan topografi karst (Klitter, 1979). Reaksi air yang bercampur dengan karbondioksida membentuk asam bikarbonat, dan asam bikarbonat dapat melarutkan kalsium karbonat (batu gamping), sesuai dengan reaksi H2O(l) + CO2(g) -> H2CO3(aq), dilanjutkan dengan reaksi pelarutan batu gamping H2CO3(aq) + CaCO3(s) -> Ca2+(aq) + 2.HCO3- (aq).  
Bentang alam karst terbagi menjadi dua, yakni bentang alam karst mayor (yang dapat dilihat dari citra satelit,foto udara, dan peta topografi) dan bentang alam karst minor (yang tidak dapat dilihat dari citra satelit,foto udara, dan peta topografi). Bentang alam karst mayor, antara lain :
1.        Doline (Sinkhole) : depresi atau cekungan dengan diameter beberapa meter hingga beberapa kilometer dengan kedalaman yang sangat dalam yang berbentuk bundar hasil dari pelarutan batu gamping.
2.        Uvala : sama seperti doline namun bentuknya memanjang dan ukurannya lebih besar.
3.        Polje : sama seperti uvala namun dengan ukuran yang jauh lebih besar.
4.        Bukit karst : bentukan kerucut tinggian berlereng terjal yang dikelilingi oleh depresi.
5.   Kerucut karst : bukit sisa pelarutan yang lerengnya sangat terjal sampai hampir tegak yang terpisah satu sama lain dan dikelilingi oleh dataran aluvial
6.     Gua : ruang bawah tanah yang dapat dicapai dari permukaan dan cukup besar bilai dilalui oleh manusia dan di dalamnya terdapat speleothems, hiasan gua berupa stalaktit, stalgmit, dan sebagainya.
Bentang alam minor, antara lain :
1.   Lapies / Karren : bentukan lubang-lubang tak rata pada permukaan batu gamping akibat dari proses pelarutan dan dapat berupa alur-alur yang disebut runnels.
2.       Split : runnel-runnel yang saling berbehubungan hingga berbentuk celah.
3.       Parit : celah panjang yang merupakan perkembangan dari split hingga berbentuk seperti rekahan besar.
4.    Fitokarst  : permukaan lubang-lubang yang saling berhubungan akibat dari aktivitas biologis, terutama akar tumbuhan.

Sumber :
Powerpoint Praktikum Geomorfologi Acara II : Bentang Alam Karst
Modul Praktikum Geomorfologi Acara II : Bentang Alam Karst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Mineragrafi (Mikroskopi Bijih)

Eklogit: Mineral High-P pada Batuan Metamorf

Struktur Sedimen : Channel & Scour